Thursday, December 20, 2012

Nasi Goreng Mentega with Scrambled Egg and Garlic ala Nana

Setelah kemarin membuat Garlic Bread ala Nana (yang akan di post belakangan), hari ini gue mencoba membuat masakan yang lagi-lagi menggunakan mentega! Maklum ya, mencari pekerjaan di liburang yang lowong ini :')

Yap, gue membuat Nasi Goreng Mentega with Scrambled Egg and Garlic ala Nana! *ala Masterchef*

Pertama, siapkan dulu alat dan bahan!

Alat:
- Kuali
- Spatula, meskipun gue kurang yakin kalo namanya itu spatula... *SpongeBob affected*
- Piring, untuk menaruh nasi goreng kalian. Tentunya kalian gak mau makan langsung dari kuali.
- Kompor, of course.

Bahan:
- Mentega, atau margarin aku tak tahuuu
- Nasi
- Kecap asin
- Kecap manis
- Garam
- Telur
- Bawang putih, untuk aroma
- Bahan lain, sesuai selera.


***

BAGAIMANAKAH CARA MEMBUATNYA???? PENGEN TAHUUU?? Maaf, disini hanya ada cara membuat nasi goreng, bukan tahu.

Jadi langsung sajaaa, petualangan eksperimen membuat Nasi Goreng Mentega with Scrambled Egg and Garlic ala Nana, DI-MU-LAAAIIIIIIIIIIIIII!!!

*gila mode: on*


***

PERTAMA! Masukkan mentega ke dalam kuali untuk dipanaskan. Menurut pengalaman gue dalam membuat garlic bread kemarin, mentega itu cepet menguap jadi gue udah kasih menteganya banyakan. Biarpun kalau pake minyak gue gak mau banyak-banyak, tapi seperti yang gue bilang satu kalimat sebelumnya, INI MENTEGA BREHH! Dan berdasarkan pengalaman gue dalam membuat garlic bread kemarin (kok rasanya kalimat ini udah pernah gue baca sebelumnya.. *de javu*) mentega itu cepat menguap!

Anda pasti tahu menguap dongg? Menguap merupakan salah satu fase dalam siklus... siklus... nah ini gue lupa. Siklus apaan ya?! Intinya menguap ini adalah perubahan wujud karena menerima panas, dari cair ke wujud gas. Jadi kalau dalam kasus gue, mentega cairnya tiba-tiba menysut. KEMANAKAH DIAA? Gak kemana-mana. Tapi dia berubah ke partikel-partikel gas yang kecil dan tidak bisa kita lihat. *Mungkin kalau kulit Anda berminyak.. itu karena mentega gue! :o *konspirasi*

Selesai dengan mentega, apa yang gue lakukan? Menyalakan kompor? SALAH! Karena menurut gue buat nasi goreng ini kegiatan yang agak 'cepat', maka siapkanlah terlebih dahulu bawang putih, tumbuk-tumbuk aja gitu sampe kulitnya kepisah dan agak ancur *JANGAN ANCUR-ANCUR AMATTT :O* lalu siapkan nasi dan telor yang udah diceplok, maksudnya diceplok tok. Bukan digoreng jadi telor ceplok.. *banyak mau* *digetok* Sebetulnya yang telor sih boleh kalian ceplok (penulis tidak bisa menemukan kata lain yang lebih sesuai) langsung di kuali, tapi kalo kalian takut kayak gue.. Dan belum mahir nyeplok telor kayak gue... Ikutin aja cara gue! *cling cling*

Kemudian panaskan deh kualinya, nyalakan kompor dan tunggu menteganya meleleh. Ketika sudah meleleh semua, masukkan bawang dan tumis-tumis aja. Kesalahan gue disini adalah... gue terlalu takut menteganya akan abis duluan (menguap) jadi langsung lah gue masukkin telor, kemudian mengikuti nasinya. Lalu gue sadar.... MINYAK MENTEGANYA MASIH TERLALU BANYAK!!!! :O Akhirnya nasi gue jadi benyek-benyek absurd. Tapi gue harus tetap pede dong!

Gue tetep ongseng-ongseng itu nasi biarpun menteganya saking banyaknya jadi agak gimanaaa gitu. Nasi gue sampe warna kuning ngejreng gara-gara mentega doang. Terus gue lupa kalo gue belom masukkin garam dan kecap-kecap (sambil berpikir kalo di-Inggris-in, sauces akan terlihat aneh..). Gue tuang kecap manis sedikit lalu gue bersiap masukkin kecap asin... Oh man. Ini kan kecap kemarin yang susah banget dibukanya!!! NOOOO W('A'w) di tengah kekalutan akan nasinya yang menunggu, gue mencoba tetap tenang berusaha membuat kecap asin. Gue berpikir, kalau gue diemin nasinya bukankah mentega absurd yang melekat pada nasi tadi akan menguap? Dan nasi gue akan normal kembali? Gue santai-santai aja deh ngebuka kecap asinnya yang-masih-susah-banget-dibuka.

Tibalah kita ke momen istimewa dimana kita semua berkumpul disini untuk acara... pemberian garam. Tadinya gue mau ngambil sejumput aja pake jari, tapi setelah gue pikir-pikir, ah ini mah kurang. Yasudah gue masukkin deh pake sendoknya sekalian. *hal yang tidak penting untuk dijelaskan*

Pada akhirnya gue cuma ngongseng-ngongseng (kata ini aneh..) nasinya sambil berharap supaya tetep asik rasanya. Finally gue capek berdiri terus dan memutuskan, yaudah deh.. Pasrah aja. Kemudian menuang nasinya ke piring yang telah gue siapkan.


Tibalah saat penyicipan.









Gue agak kecewa karena gak se-menarik di iklan. Dasar iklan penipu hiperbola jahanam...

Nasi gue juga terasa berminyak. Dalam hati sih masih bersyukur karena ini bukan minyak sayur, tapi mentega. Rasanya juga lumayan gurih meskipun.. berminyak banget :x. Tapi yaudahlah, namanya masakan sendiri, cincai-cincai aja lahh-_-

Sekian, masak asik bareng Nana. SEE YOU NEXT TIMEEE UWOOOOOOOOO *kekuatan mentega*






***

Apa? Kalian bertanya kenapa gak ada fotonya? Ciyusan? Pengen tau banget-banget cara gue berantakin dapur?


3 comments: