Tuesday, January 29, 2013

Awas Sebelum Download BBM 7/BBM Voice!

Gue pengguna Blackberry. Iya, HP sejuta umat itu.

Nah, pagi tadi gue ditelpon nyokap, dia tiba-tiba minta password ID Blackberry gue. Katanya BB dia gabisa dan muncul email gue, dengan lugu, gue yang lagi baca komik main kasih aja. Sejam kemudian, gue buka HP karena HP gue udah penuh (sebelum baca komik, baterainya habis). Ternyata.... Pas gue buka BBM, gue juga disuruh log in BlackberryID setelah sebelumnya tampilan jadi begini:

Tampilan yang mengindikasikan keanehan.

Gue lantas log in, dan data gue balik. Tapi.. Contact mama gue pindah semua ke BB gue, dan contact di BB mama gue ilang semua. Akhirnya gue terpaksa harus mengalah dan contact BBM gue ilang. Gue berpikir ini gara-gara BlackBerry ID yang dipakai nyokap dan gue sama (karena gue pernah log in di BB nyokap untuk buka AppWorld).

Solusi sementara: salah satu BB harus di Wipe Data, dan log in dengan ID berbeda.

Tapi tetap berpikir santai, ingat, Tuhan tidak pernah memberikan cobaan yang lebih berat dari yang kamu mampu.

Jadi gue gak berhenti berpikir dan berusaha.

Gue mulai menyadari keanehan ketika masih normal-normal aja BBMnya. Di BBM 7 (BBM yang ada voice call) kalo kita buka Options, gak ada Back Up Management. Awalnya gue pikir ini keanehan di software yang gue download. Tapi ternyata tidak. Gue mengecek sama temen gue, Steven, yang kebetulan udah upgrade BBM 7. Punya Steven juga gak ada Back Up Management-nya. Akhirnya gue ngecek di google, dan ternyata... Di BBM Voice (BBM 7) back-up nya berbeda, tidak secara manual atau gimana tapi 'terhubung' ke BlackBerry ID kita.

Backup Management di BBM 6


Akhirnya gue menyadari sumber masalah: masalah terjadi ketika nyokap gue install BBM 7 juga. Dulu gue pernah log in pake BlackBerry ID gue di HP nyokap gue untuk buka AppWorld. Sebenernya fine-fine aja tapi BlackBerry ID ini cuma bisa buat 1 gadget. Jadi dengan BBM 7 terintegrasi dengan BlackBerry ID, otomatis contact dari semua BlackBerry ID ini hanya bisa dipakai di 1 HP.

Begitu menyadari sumber masalah, yang ternyata adalah BBM 7 yang mem-back up data otomatis ke BlackBerry ID sehingga tidak mungkin dipakai di 2 gadget, gue mulai bisa menyelesaikan masalah ini tanpa harus wipe data.

Berikut langkah yang gue pakai. Pertama, kita tau masalahnya BBM 7 yang saking update-nya jadi beyond our control. Kalo gitu, downgrade! Kita harus install BBM 6. Tentunya dengan syarat selagi kalian pake BBM 6, kalian pernah back up di memory card. Untuk yang belum, rasanya harus wipe data.. Kalian bisa download BBM 6 di sini (dan memilih BlackBerry Messenger, bukan yang voice) atau di sini. Setelah itu tinggal install dan remove BBM 7 kalian. Tunggu sebentar, dan contacts kalian balik seperti terakhir kali backup.
Download Blackberry Messenger 6

File manual backup


File kembali seperti terakhir kali di backup.

Jadi, sebelum kalian men-download BlackBerry Messenger 7, atau BBM Voice, ada baiknya perhatikan hal-hal/tips di bawah ini:
  1. Pastikan ID BlackBerry yang dipakai hanya pernah dipakai untuk 1 gadget. Ingat, sekali log in untuk log out atau change ID harus pakai wipe data.
  2. Untuk jaga-jaga Backup manual contact BBM anda dengan Options > Backup Management bagi pengguna BBM 6.

Tentu saja BBM 7 tidak selamanya buruk karena dengan pengaturan ini, ketika Anda berganti BBM tanpa melalui BlackBerry Dekstop Manager atau pengaturan counter HP-pun contact Anda bisa kembali.



4 comments:

  1. Untung gw pke android ^^v

    ReplyDelete
  2. Enaknya... Pengen pake android juga...

    ReplyDelete
  3. Beli lah na ^^ wkwk dlu jga smpet gw pke bb cma sring nge lag mulu -_-

    ReplyDelete
  4. Klo lu mau beli blh kok konsul sma gw ^^ hehe

    ReplyDelete