Friday, January 25, 2013

Review: Q and A by Adachi Mitsuru

Waw. Akhirnya gue ngeblog juga!

Tentunya kalian mulai bertanya-tanya kenapa gue udah jarang ngeblog! Atau mungkin tidak. Atau mungkin emang gaada yang baca. Nah, jadi ceritanya gue mulai disibukkan oleh tugas-tugas sekolah gue. Terlepas dari itu semua, Gramedia lagi diskon. Lalu apa hubungannya!?

Eits. Mari berpikir deduktif.. Atau induktif!?! Jadi gini, kalo Gramedia diskon, pasti gue dateng dong? Apalagi kalo diskonnya itu komiknya. Dan komik Conan 71 pas banget baru terbit. Kalo lagi diskon, pasti ga gue sia-siain dengan langsung ngeborong banyak. NAH intinya adalah, gue baru beli banyak komik sampe males ngeblog. Sebenernya sih udaha ada niatan buat ngeblog dari dulu, tapi kalo engga ketiduran ya.. males.

Di antara hunting komik di Gramedia itu gue menemukan salah satu komik yang pernah gue lirik dulu (sekarang naksir abis-abisan sama artist-nya).


***
[SPOILER ALERT!]

Q and A by (lagi-lagi) Adachi Mitsuru.

Q and A

Sebetulnya gue mau minta maaf. Kenapa? Karena gue sendiri merasa kecewa dengan karya Adachi yang satu ini. Tapi mari kita simak dulu jalan ceritanya.

Adalah Atsushi Ando, siswa kelas 1 SMU yang baru pindah ke kota asalnya. Sekitar 6 tahun yang lalu, sang kakak, Hisashi Ando meninggal dunia akibat kecelakaan. Dikisahkan bahwa Hisashi merupakan sosok pahlawan, jago di semua bidang olahraga, berjiwa sosial tinggi, dan sebagainya. Atsushi selalu bersembunyi di balik bayangan Hisashi.

Setelah Atsushi kembali ke kota kelahirannya, ia harus berhadapan dengan Jino, musuh bebuyutan sang kakak. Berita kembalinya keluarga Ando rupanya sampai ke telinga Jino yang begitu ingin membalaskan dendam semasa kecil mereka.

Ketika kembali ke kota kelahirannya, Atsushi menemui kenyataan bahwa arwah sang kakak masih berada di rumah keluarga mereka. Tak cuma itu, Atsushi merupakan satu-satunya orang (selain Kyoko Kurosumi, yang punya indra keenam). Hisashi pun banyak ikut campur dalam kehidupan Atsushi.

Tentunya komik Adachi tak lengkap tanpa sentuhan romance, adalah Yuho Maezawa yang merupakan teman semasa kecil Atsushi. Menurut Hisashi, Yuho yang sangat mengidolakan Kyu (atau Hisashi, itulah asal judul Q and A) memulai atletik karena terinspirasi Kyu. Ada juga Shinobu Ouchi, yang ternyata cinta pertamanya adalah Atsushi. Jujur aja, Shinobu ini semacam Akane di Cross Game (baca blog gue!), dia gak nyebelin, keren malah.

Cerita terus berlanjut sampai ternyata ketahuanlah kalau Yuho mengidolakan Hisashi karena pernah menyelamatkannya di laut dulu. Tetapi ternyata yang menyelamatkan Yuho adalah Atsushi. Selain itu, yang menginspirasi Yuho untuk menekuni atletik bukanlah Hisashi, melainkan Atsushi. Dulu Yuho pernah berjanji dalam hatinya saat melihat Atsushi berlari pagi di musim dingin melewati rumahnya, bahwa jika Atsushi memenangkan perlombaan sekolah, Yuho akan terpikat padanya. Sayangnya sebelum itu tiba, Atsushi keburu berpindah kota. Setelah Yuho mengingat ini semua, ia keceplosan berkata pada Atsushi, bahwa syaratnya naik menjadi juara kejuaraan SMU.

Cerita ini berakhir dengan.. sangat awkward. Tepat setelah Atsushi membeli jajanan di gambar yang gue kasih tadi, ternyata dia tiba-tiba pingsan. Dan selama pingsan itu Atsushi bermimpi panjang, bermimpi mengenai seluruh kejadian yang ada di komik ini, dari chapter 1 sampe 34. WHAAATTTTTTTTT????

Yah tapi ga gantung-gantung juga sih.. Ternyata selama ini Hisashi, kakaknya Atsushi itu, merasa bersalah sama Atsushi. Dia yang terlalu brother complex jadi membuat Atsushi ga bisa mengembangkan bakatnya. Hampir lupa juga, Atsushi itu masuk klub atletik. Nah disana dia kedatangan pelatih mesum yang katanya sih bagus. Ternyata dia selalu pindah sekolah karena.. anak didiknya emang sukses tapi cedera-cedera begitu. Makanya dia mau kerasin orang yang dia anggap berbakat supaya tahan banting. Disini dia meyakini Atsushi punya bakat terpendam, tentunya itu semua ada di dalam mimpi Atsushi.

Saat Atsushi terbangun dari tidur, ia juga bertemu Yuho. Ternyata saat awal pertemuan mereka, Yuho masih ingat dengan Atsushi. Ia juga ramah. Atsushi lalu berteriak pada Yuho, bahwa ia akan memenangkan kejuaraan SMU tahun itu di bidang atletik.

The ending of Q and A.

***

Pikiran pertama setelah baca Q and A: gue gak habis mikir, dan gak bisa mikir. Gue terlalu galau untuk mikir.

Ini bener-bener sesuatu yang gak gue sangka dari Adachi, apakah ekspektasi gue terlalu tinggi? Karena cerita ini seperti novel picisan yang bahkan tanpa alur sama sekali. Hanya seperti irisan kecil kehidupan. Serius deh.

Padahal ini harusnya komik atletik, tapi dikitttt banget yang berhubungan dengan atletik. Emang sih, kayaknya topiknya lebih menjurus ke horor-horor komedi ya, tapi gue ga dapet gregetnya sama sekali di Q and A ini. Beneran deh. Shinobu mendadak hilang, apalagi ending yang ternyata semuanya cuma mimpi. Mending yaa kalo ternyata ada sesuatu yang menyiratkan, 'Hei, ini bukan mimpi!' tapi disini gak ada! Emang sih ada Hisashi juga di endingnya, tapi kayaknya ambigu gitu.

Meskipun begitu gue tetep mencoba melihat sisi positifnya aja. Ini artinya cerita ini merupakan cerita sebelum cerita aslinya. Maksud gue semua ini terjadi ketika Atsushi belum mengasah ketrampilannya di atletik sama sekali. Istilhnya, biarpun bikin nyesek AAARGHHHHH tapi ini komik yang penuh dengan harapan. Cuma sih tetep, dibandingkan Cross Game dan Katsu, Q & A masih jauh.

Katsu itu cinta pertama! Cross Game itu masterpiece!

Rate: 2.9 / 5.0

1 comment:

  1. Artiсle ωriting is аlso a excitement, if you be acquainteԁ
    with afterward you can wrіte if not it is cоmpliсated to ωritе.
    Also visit my website :: www.prweb.com/releases/silkn/sensepilreview/prweb10193901.htm

    ReplyDelete