Tuesday, February 19, 2013

Mari Membaca [UPDATED]

[15 Februari 2013]

ITU BUKAN JUDUL LAGU!!!

Kata 'mari' itu banyak banget digunakan ya. Gue inget pas kelas 3 SD dulu, lagu pertama yang bisa gue mainkan dengan suling ─yang juga alat musik pertama yang gue mainkan─ adalah 'Mari Menyanyi.' Liriknya cuma: Mari menyanyi. Bersama-sama. Riang gembira.. Dan nadanya cuma: (gue ga pinter menulis not angka, jadi huruf aja ya wk) c c b a g . a a g f e . d d e f . g g a b c. Sederhana sekali. Gue langsung apal, padahal gaboleh ngapal, wuahaha.

Tapi serius, kali ini judul tadi to the point. Gue pengen menghimbau kalian supaya membaca buku.

Barusan di sekolah gue disuruh buat kerangka pidato gitu dan gue bikin mengenai event Hari Membaca Sedunia. Entah mungkin hari raya tersebut baru ada setelah Pak Presiden mendengar pidato gue lalu terharu dan menjadikan Hari Membaca sebagai hari raya nasional lengkap dengan libur nasionalnya atau tidak, intinya gue membahas soal ajakan membaca.

Salam ─ salam kepada audiens.

Pendahuluan ─ pentingnya membaca bagi remaja.

Isi ─ trik membaca yang benar, bacaan bermanfaat, manfaat membaca.
Kesimpulan ─ membaca penting bagi remaja.
Penutup ─ permintaan maaf kepada audiens, harapan.

Yah kira-kira begitu deh. Gue ngebuat ini atas dasar gue suka banget ngebaca buku terlebih lagi komik. Malah kalo komik lebih pol, biarpun jalan ceritanya lebih sedikit dari novel sih. Tapi ngaku deh, mending baca ulang novel apa komik? Komik lah!

Permasalahannya adalah gue gak nyangka kalo secepat itu gue menemukan audiens yang tepat bagi pidato gue nantinya.

Di kelas gue sejak ada tugas resensi novel makin keliatan tuh, mana-mana aja yang suka baca novel dan ternyata emang banyak banget. Jadi kehadiran si orang yang satu ini cukup mengagetkan gue. Josh.

Josh : Astaga, Na!
Gue  : Hah?
Josh : Itu buku tebel banget!!! Lo sanggup tuh? (menunjuk buku yang cuma 600 halaman. Iyalah cuma, lo pikir Harry Potter  yang gue baca itu 20 halaman?!)
Gue  : I.. Iyalah..
Josh : Gue seumur idup belom pernah baca 1 novel pun sampai selesai!

Sabar ya Jenny. Inilah pacarmu.

Serius gue speechless. Gue pernah sih ketemu orang yang ngaku gak pernah baca 1 novel sampe abis. Tapi selama ini samar-samar ingatannya, gue jadi menganggap itu cuma khayalan gue aja. Abisnya gue bingung, masa gak pernah baca 1 novel sampe abis!? Seenggaknya buku apa kek gitu yang ringan-ringan. Tapi gue kagetnya selain karena Josh yang belom pernah baca abis 1 novel tetapi juga karena.. dia lebay banget. Setidaknya gue gak pernah ketemu orang yang syok liat orang lain baca buku tebel o.O Ternyata Josh kacamatanya doang nih yang tebel.

Btw, gue jadi inget gara-gara Sabtunya gue nonton Harry Potter and the Sorcerer's Stone, ada percakapan begini:

Hermione : I checked this out weeks ago for light reading.
Ron      : This is.. light?!
Hermione : *stares*

Sooo cute! Who expects they're going to be spouses?!

Kembali ke percakapan itu.. Gue jadi berasa Hermione :3 Dan Josh jadi Ron-nya. Eh tunggu dulu.. TERUS NANTI GUE NIKAH SAMA DIA!? AARGHHH TIDAAAAAAKKKKKKKKKKKKKK!!! *uhuk* Canda kok, Josh kan bukan Ron banget dia gapunya rambut merah:3 Dia juga bukan anak ke-6 dari 7 bersaudara hihi. Syukurlah kalau begitu gue tidak berjodoh dengan dia.. :'D Duh maaf ya gue ngga jelas.

[UPDATE 19 Februari 2013]

Nah, ternyata tadi gue menghadapi kenyataan mengerikan... Gue menemukan seorang lagi temen sekelas gue yang belom pernah ngebaca 1 novelpun sampe abis sepanjang hidupnya. Katrin.

Dia tadi tiba-tiba nanya begini, "Na, seumur idup lo, lo udah baca berapa buku?" "Hem gatau ya banyak, ratusan mungkin." "GILA! Gue aja seumur-umur gapernah baca 1 novel pun sampe abis!" Gantian gue yang syok. Josh is not alone.

Lalu Katrin menambahkan, "Yang gue pernah baca itu yang Summer-summer apa gitu.." "Summer in Seoul?" "Iya itu, itu gue baru setengah. Yang Mamamo juga ngga abis." "Hah? Mamamo itu novel yang lo pake buat resensi kan?" "Iya" "Lo belom baca abis?!" "...Belom."

Selamatkan aku Tuhan.

1 comment:

  1. Buset Na.. itu sih kagak pake cuma Na.. ckck.. gue aja baca sang pemimpi kagak abis.. byk bgt yg gue lompatin.. kagak bisa baca 1 novel gue.. haha.. kalo Harry Potter Mah mending nonton deh gue.. hahaha

    ReplyDelete