Sunday, September 22, 2013

Getting To Learn Things

Tulisan yang baru aja gue publish kalo di-convert ke Microsoft Word tiga-tiganya mungkin bisa dapet sekitar 22 halaman, gue juga gak tau bakal dapet berapa. Soalnya kalo ngetik di halaman New Entry ini, gak akan kerasa udah sepanjang apa!

Mungkin pada bertanya-tanya, ngapain sih gue nge-post tulisan sepanjang itu? Iya, gue juga tau kok kalo pasti dengan panjangnya tulisan tersebut orang akan malas baca. Tapi gapapaa, gue mau memuaskan para kaum kepo (?) Selain itu tujuan utama gue menulis pengalaman gue tersebut adalah murni sebagai dokumentasi pribadi dan sederhananya sih ya supaya gue 'gak lupa'. Makanya dalam recount text gue tersebut, detailnya terdeskripsi karena justru detail-detail kecil tersebut adalah 'sitoskeleton'-nya cerita gue. Penyokong cerita gue.

Sekarang mari kita bicara tentang hal-hal apa yang menarik perhatian gue.

Yang pertama adalah sistem. Ternyata gue semakin disadarkan kalo sistem yang berlaku gak sesempurna yang kita baca di artikel-artikel. Yahh, gue juga gak bisa mendefinisikan sistem itu apa sih, jadi pengertian gue mengenai kata 'sistem' ini juga sedikit banyak dipengaruhi oleh hasil membaca artikel-artikel di media. Gue melihat dan mengalami secara langsung sistem kita yang payah ini. Misalnya, ehm, peristiwa tanda tangan di kertas berdasarkan nominal yang berbeda dengan kenyataan. Gak cuman dalam masalah umum ini tapi dalam masalah manajemennya juga. Bayangkan aja, masa di hari pertama kamar hotel aja ada yang belum di-booking? Dan ini karena mis-komunikasi di kedua belah pihak. Lalu ketika kita sedang menunggu dan disediakan minuman, ternyata semua gelas sudah terpakai alias kotor. Rasanya kalau hal ini terjadi di hotel, agak gimanaa gitu.

Yang kedua pastinya adalah, dikawal polisi! Berapa kali dalam hidup lo, ketika lo jalan ternyata lo dikawal sama polisi dan terbebaskan dari macet? Gue pernah! Selama 6 hari! Kota Bandung memang sekarang macet dan gue gak tau apakah ini karena kita orang penting *ea* atau murni karena alasan macet itu. Ahh, yang lebih lucu lagi adalah ketika mereka lagi asik bawa motor ternyata standar motor mereka belom diturunin! Itu yaampun, semangat amat sih pak..

Ketiga adalah partialisasi (bahasa sendiri..) daerah. Lucu adalah ketika lo menilai tentang daerah-daerah lain, ternyata lo juga dinilai. Gue sendiri bahkan juga merasa aneh. Begini, sebenarnya apa cuman orang Jakarta yang sering bilang 'gue-elo' dalam percakapan sehari-hari? Gue biasanya gak bisa menanggapi orang yang ber-aku-kamu ke gue dengan aku-kamu juga tapi cuek aja pake gue-elo. Tapi ketika temen sekamar gue ngomong ke gue pake aku-kamu, kok rasanya gue gak tega kalo misalnya gue ngomong pake gue-elo.. Sehingga akhirnya gue memaksakan diri ngomong pake aku-kamu yang akhirnya malah membuat gue sempet keceplosan ngomong pake 'saya'. Terus gue diketawain. Salah gue apa..  Oh ya, salah satu yang sampe sekarang masih bikin gue gak habis pikir adalah ketika si Afriyani Tugu Tani manggil salah satu anak dengan gak sopan yang udah gue ceritakan di blog gue.. Ahya, jadii masa anak Jakarta dibilang omongannya kasar.. Sebenernya kalo dipikir-pikir sih, iya juga yaa. Kayak di kita tuh umpatan begitu udah dianggap biasa. Tapi gak semuanya loh teman-teman.. Nggakk..

Keempat adalah, gue mendapat temen-temen baru disini.. Ketika gue diceritakan oleh kakak kelas kalo misalnya nanti bakal dapet temen baru, jujur aja gue sangsi berat. Waktu itu sebelum Pra OSK atau setelah OSK gue lupa tapi yang jelas gue tetep beranggapan kalo gue ansos banget dan bakal susah untuk punya temen baru. Ketika pelatihan OSK di SMAN 67 aja gue udah takut banget hari sebelumnya. Gue takut gue gak ada temen secara gue perwakilan Geografi sendiri. Meskipun untungnya masih ada temen gue dari bidang lain, tapi tetep aja ketika di kelas gue sendiri. Kalian bisa bayangkan ya betapa ansosnya gue dulu :')

Kemudian gue mulai ngobrol sama temen gue dan ketika ada acara pelatihan di Puncak, gue jadi lumayan deket. Lumayan aja sih, sebenernya cuman kebanyakan kenal aja. Tapi pelatihan di SMAN 54 itu lumayan ngebantu gue untuk nambah temen lagi. Karena pelatihannya 8 x 10 jam (kira-kira), dan duduknya dikelompokan sesuai dengan kota jadi bisa kenal lebih deket lagi. Kita terutama gosip pas istirahat muahahah itu seru. #plak

Terus ketika terseleksi untuk OSN dan cuman tersisa 9.. Gue panik lagi. Untungnya masih ada Sandy (teman gosip!) dan Ime yang gue kenal. Tapi 6 orang lainnya gak gue kenal sedangkan Ekle gue kenal sedikit karena pernah kenalan dan dia ikut makan di Pizza Hut. Ah, gue juga tau Noviandi dan pernah liat Nindy, sedangkan Haniev juga pernah ngajak gue kenalan sekali. Karena 9 orang ini dikumpulin untuk nginep, ternyata gue bisa menjadi lebih dekat dengan mereka... Seriusan deh kali ini gue akan percaya dengan kata-kata kakak kelas gue yang itu. Terima kasih ya teman-teman....

Ada lagi. Pertama kali ikut OSN hal yang paling gue takutin adalah ketika gue gak bisa ngikutin pelajaran sekolah karena ketinggalan. Apalagi kemarin gue bolos sekolah nyaris 3 minggu. Tapi ternyata biarpun emang sih banyak banget materi yang gue ketinggalan dan jadi gak ngerti, tapi kebanyakan gue masih bisa keep up dan ternyata gak jeblok-jeblok banget. Malahan pelatihan ini jadi semakin addicting karena gue jadi benar-benar haus dengan pengalaman baru. Meskipun tetep gue males kalo harus ketinggalan pelajaran, tapi setidaknya gue gak se-anti seperti dulu dengan adanya kata-kata 'pelatihan' dan 'gak masuk sekolah'. God will show you a way!

Nah, kalo yang ini analisis asal-asalan. Pas lagi nonton TV dan ada sebuah iklan produk sosis, tiba-tiba ada yang nyeletuk, "Wah, itu bentar lagi CJr kagak laku." Alasannya? "Itu, liat aja sm*sh abis bikin iklan gituan kaga muncul-muncul lagi." Wahahahaha bener yaampun bener jugaa! Meskipun gue tetep mendoakan yang terbaik loh yaa bukan nyumpahin..

No comments:

Post a Comment