Tuesday, October 7, 2014

Our Little Secret

09.20.2014

Gue lagi naik mobil di jalan tol, biasa deh ngeliatin gedung-gedung. Lalu tiba-tiba mata gue ngeliat gedung Carrefour, "Itu bahasa Prancis artinya perempatan tau," tiba-tiba gue keinget kata-kata si Aaron waktu pelajaran Bahasa Inggris setahun lalu. Tapi gue juga tiba-tiba keinget sama guru musik gue pas SD dulu.

Namanya Pak Ib, orangnya galak (hahaha). Satu hal yang gue inget dari dia dan gue selalu coba lakukan, adalah: "Jangan ngapalin partitur! Baca!" Di lagu pertama yang dia ajarin ke gue di kelas 3 (judulnya Mari Menyanyi, btw, sedih masa melodinya…), gue masih ngapalin nada recordernya. Gimana ya, gampang banget gitu jadi gue otomatis hafal.. Tapi lagu-lagu kedua dan seterusnya gue mencoba banget gak ngapalin partitur. Mungkin karena gue masih kecil dan polos, tapi ini pertama kalinya gue bener-bener denger kata-kata orang.

Nilai gue di pelajaran dia lumayan, tapi kalo pas pelajaran nyanyi hancur total T_T Emang deh kalo musik sama olahraga gue paling pasrah kkm aja sujud syukur wkwkw. Pas ujian akhir sayangnya gue cari aman dengan mainin Lenggang Padi (padahal gue bisa Gending Sriwijaya, dammit) dan ujian nyanyi gue juga tidak berjalan baik.. Tapi ya begitulah.

Kembali lagi ke Carrefour. Lo tau gak sih loho Carrefour tuh sebenernya apa?

Suatu hari di kelas 6, tiba-tiba dia liat plastik Carrefour dan dia bilang, "Kalian tau gak arti logo ini apa? Kemaren tetangga saya pulang bawa plastik Carrefour dan saya tanya dia. Dia gak tau, lalu saya bawa keluar spidol dan saya tunjukkin arti logo ini apa. Dia bilang, oh iya ya pak." Tapi dia gak kasih tau ke kita semua arti logo nya apa, dia bilang cari sendiri.

Kebetulan waktu itu di depan komplek rumah gue baru dibangun Buaran Plaza dan ada Carrefour. Gue pulang naik jemputan dulu. Setiap hari, setiap kali gue lewatin mall-nya, gue bener-bener mikir ini logo artinya apa. Gue mikir, apaan sih yang bisa ditunjukkin pake spidol tentang logo ini, apa gue mesti tambahin sesuatu? Gue mikir lama banget.

Suatu hari di entah hari keberapa, akhirnya gue tau jawabannya!!!! Gue ga akan spoiler in jawabannya sih hahaha, tapi sejak tau artinya gue gak lagi ngeliat logo Carrefour dengan cara yang sama lagi. Logo ini jadi lebih punya arti. Di sisi lain gue juga bangga karena gue pikir cuma gue dan si Pak Ib dan si pembuat logo yang tau artinya, I'm selfishly proud. Tapi kalo kalian ternyata udah tau... ya gapapa, gue bangga gue bisa cari artinya sendiri :') dan ini mungkin pertama kalinya kata-kata sesumbar dari seorang guru tanpa sadar gue jadiin PR tersendiri.

Sekarang Pak Ib udah meninggal. Gue agak syok waktu dengernya, tapi setidaknya gue cukup bangga pernah diajar beliau. Berkat Bapak saya jadi gak tolol-tolol amat di musik, seenggaknya saya bisa baca not balok dan lancar not huruf (tapi gak bisa not angka..).Kita gak pernah ngomongin lagi soal logo Carrefour ini di kelas, tapi semoga disana Bapak tau, kalau saya udah berhasil tau arti logonya.

---

Ngomong-ngomong ini not Mari Menyanyi:
c c b a g | a a g f e | d d e f g | g g b a c

2 comments:

  1. Tengah nya kalo dilihat2 ada huruf C... Right?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha yahhh jadi bukan our little secret lagi deh (?)

      Delete