Tuesday, June 4, 2013

OSP Geografi

Yak, gue gak tau mau ngapain jadi mari kita ngelanjutin post ini.

Magically, I passed that test. Sadly, my other friends didn't. Jadilah gue sebagai satu-satunya wakil geografi dari sekolah gue.

Sebenernya gue.. agak males pada awalnya. Sebagian dari diri gue berharap gue gak usah lanjut aja biar gak ribet-ribet begini. #easygoing Selain itu dengan lolosnya gue ke tahap OSK ini, gue bakal ngelewatin banyak banget tugas, ulangan, dan materi sekolah. Sebetulnya gue udah dibilangin kalo setelah ini gue lolos Pra OSP lagi, gue gak usah ikut ulum. Tapi dasar batu, waktu itu gue masih tetep pengen ikut ulum. Biasaaa, optimisme besar di awal.

Selain itu ada hal lain yang juga gue takutin. Ketika gue lolos sendirian dan nantinya ikut pelatihan, gue bakal ikut pelatihan.. sendiri. Duh.

Sebenernya gue itu tipe orang yang antara malu, takut, sama males bergaul sama orang baru. Terlebih lagi di kelas pelatihan nanti pastinya ada kakak kelas. Udah beda sekolah, beda angkatan lagi. Gue mau jebejebe jadi gak enak! Nanti keburu manggil 'kakak', ehh taunya seangkatan, malu di gue! Jadilah gue keringet dingin nunggu hari pelatihan. Serius deh, gue nunggu 2 Mei dengan perasaan yang deg-degan abis.

Dari hari pertama sampe hari terakhir pelatihan, stastik orang yang gue ajak omong itu bener-bener 0. Yang gue tau dari awal itu cuma anak SMAK 7 yang namanya Kemberly Dilois. Selain gara-gara dia dari Penabur, satu-satunya sekolah swasta yang gue tau di antara daftar sekolah, nama dia juga bule banget! *ea* Udah gitu pas peringkat Pra OSK nama dia pas di bawah nama gue, jadi langsung kebaca deh huahaha. Terus pas Pra OSK juga kita berdua samping-sampingan. Dia juga pendiem. Ada keuntungan dan kerugiannya nih.. Keuntungannya, gue gak ansos sendirian. Kerugiannya, gue makin ansos! Gue makin gak tau mau ngejebe siapa lagi. :/

Di hari Jumat ada tanda-tanda kalau kita mau diajak ke Puncak. Reaksi gue? Males banget. Itu artinya gue akan susulan lebih banyak. HHHH. Jadilah hari Minggu, tim OSN Jakarta Timur berangkat ke Puncak. Emm, sebelumnya gue udah nge-search hotelnya di google dan ternyata kenyataannya... beda abis. Gue berasa di PHP in. (bukan HPH, if you know what I mean!) -Btw tiba-tiba gue nyium bau acar nih. Jadi pengen beef burger nya McD deh. *abaikan gue*

Selama pelatihan di Puncak untungnya gue tidak sendiri! Dari bidang lain, FV masih mengirimkan wakil yang lumayan bejibun hohoho. Kemudian di sini... gue membuka suara.. :D Gue mulai bersosialisasi.. :') Yep, setelah 5 hari bareng barulah gue mulai ngobrol dengan mereka. Dan hari itu gue baru bertukar nomor HP dengan Kimi (panggilannya Kemberly) setelah sekian lama duduk samping-sampingan. What was wrong with me. Malemnya begitu gue WA dia, dia malah balik nanya gue siapa, "Sori sori gue bingung, abis nanyanya pake kak sih." Gue salah lagi.. Argh, I'm done with this kak-kak-an thing!

Gak lupa juga, pelatihan di Puncak itu ngerubah mind set gue. Gue jadi termotivasi untuk bisa lanjut terus, tembus ke tahap selanjutnya gara-gara ada acara motivator di malam pertama (kok gini bahasanya..). Intinya di acara itu gue jadi pengen menang gitu deh, atau seenggaknya gue gak mau kalah ketika masih tahap beginian. Di acara ini juga gue sedikit bangga menjadi orang Indonesia, jarang-jarang nih. Soalnya menurut penelitian, orang yang terlahir jenius di Indonesia itu 17,5% dan di negara adidaya seperti Amerika aja persentasenya masih di bawah 10%. Gue gak nganggep ini sebagai bokis belaka soalnya yah emang ngalamin sendiri sih, banyak banget orang yang pinternya kelewatan yang gue temuin selama ini , dari mulai sesama murid sampai guru atau dosen. Selain itu sebuah penelitian juga ngebuktiin kalo orang Indonesia yang berlogat, misalnya logat Madura, begitu lancar ngomong bahasa Jepang, logat Madura-nya ga akan keluar. Beda banget dengan orang Amerika misalnya, yang udah 10 tahun tinggal di Indonesia tapi pas ngomong bahasa Indonesia, logat bulenya masih kedengeran.

Pokoknya pelatihan di Puncak ini bisa dibilang jadi titik tolak juga sih. Gue jadi ada temen, kenal kakak kelas *yang dari kemaren denger namanya doang*, termotivasi, terus dapat gaji lagi HUAHAHAHAHA. Uhuk. Gue juga belajar brain gym sedikit disini! Sebenernya sebelumnya pernah diajari sama sepupu gue, Clement, tapi gatau kenapa gue gak bisa. Bayangin, anak SMP 3 diajarin sama anak Playgroup... Untung kemaren bisa sih wkwk.

Mending kita skip aja ke hari-hari setelahnya. Dalam pelatihan sehari di SMAN 54 sebelum OSK (kali ini dengan seluruh DKI Jakarta), gue kenal lagi dengan mereka-mereka yang gak ikut pas ke Puncak. Udah gitu, makin gila juga nih begitu JakTim ngumpul semuanya. Skip lagi.. Nah, sekarang gue ternyata lolos OSK!!! Tadinya gue udah pesimis, yang diambil 70 dari 125 orang, terbaik se-Jakarta dan ternyata gue masih bisa lolos. Keren. Gue sempet pesimis awalnya, karena pengumuman belom keluar juga dan udah ada yang bilang kalo Kak Aldy dari Komputer lolos. Gue sempet hopeless, jadi yang gak lolos gak dikasih tau ya? Oh. Gak asik banget. Tapi ternyata besoknya di sekolah gue dikasih tau kalo gue lulus... Brehh, seneng banget!

Dengan demikian dimulailah hari-hari gila belajar Geografi di (lagi-lagi) SMAN 54. Gue gak masuk sekolah di hari terakhir belajar bareng @crowded5. Agak sedih juga.. tapi ya sudahlah! Gue juga udah ngomong kan kalo gue lolos Pra OSP, gue gak ikut ulangan umum? Nah, jadi gue gak ikut ulangan umum! Ini asik banget, gue baru nyadar gak ikut ulum itu asik, apalagi kalo lo udah SMA. Rasanya ulum itu cuma jelek-jelekin nilai aja..

Selama pelatihan intensif sekitar kurang lebih 8 hari, gue kenal lebih deket dengan anak-anak Jaktim. Ada Kimi, yang kece banget gambarnya (>_<)! Dia juga otaku sejati dan belum, be-lum, terjerumus ke dalam genre manga lain *wicked eyes*. Selain itu ada Miftah, yang juga seorang otaku dan jadi salah satu bandar dalam ngirimin soal-soal atau presentasi yang berhubungan dengan OSN. Imega, yang kerjaannya nge-jarkom. Terus ada Huda, yang awalnya gue kira Yuda, dengan buku ajaib Quadra-nya. Gak maksud buzzer, tapi buku ini lengkap gilaaaa! Ada juga Faqih dengan embel-embel sahabatnya. Kemudian Maskanur yang agak menjijikan terhadap Faqih. :P

Ngomong-ngomong menjijikan, ada Sandy. *loh* Jadi pas pertama-tama itu si Sandy ketauan tau 'yaoi' tapi begitu dikorek, dia gak tau terms lainnya. Taunya itu doang.. Udah gitu dia demennya nyari yang baby face, hadohhh ada apa dengan dunia! Masih banyak sih aibnya Sandy, tapi males bahas ah hahaha. Sandy juga dewa banget soal pengetahuan umumnya, ini kita bahas sambil lalu aja ya, haha. *licik* Ada juga Diyah! Yang tampangnya kalem tapi gue syok ketika suatu hari dia nge-klakson gue, Kimi, dan Sandy yang lagi jalan kaki. Bayangin, dia nge-klakson sambil pegang setang motornya dengan satu tangan lalu melakukan manuver luar biasa. Gue... amazed. Keren banget. Selain itu ada Tommy yang sering ngeboncengin Faqih, Aulia, Papau (?), Muri, Leo, Reno, Dionys, dan.. dan.. gue lupa. Maaf teman-teman. Gue susah kalo gak hafal absen!

Di luar Jaktim, syukurlah gue ada kenalan juga! Dari SMAK 1, ada para 'sahabat' yaitu Yosua dan Dennis! Yosua yang tampangnya lebih dewasa ternyata malah masih kelas 10. Dia ini orang yang unik karena kemana-mana cuma bawa tas tenteng kecil yang isinya minum dan roti. Yosua gak suka makan nasi. Yosua gak pernah begadang. Yosua ulang taunnya udah lewat. Terus ada Dennis yang ternyata anak menari, bukan dance. Wakakak!

Eh ayo ngomongin Yosua lagi. Dia ini pendiem tapi pas hari terakhir akhirnya kita berhasil ngorek-ngorek dia. Begitu tau dia gak pernah begadang, temen gue nyeletuk, "Ih dia cowok satu-satunya yang gue tau yang gak pernah begadang." Seterusnya dia tiba-tiba nanyain Dennis dan Faqih, "Eh, lo pernah bergadang ga?" Ternyata dia kepikiran! Soal ulang tahun.. Jadi si Faqih nanya, "Ulang tahun lo kapan?" "Hah? Udah lewat." .... "HAPPY BIRTHDAY YOSUA!" Nice logic!

Selain itu gue juga berkenalan dengan anak-anak SMAK lainnya. Ada Melliza dari SMAK.... lupa. :| Kebanyakan angka sih.. Yang jelas ada dia, Cindy, Louise (ini namanya keren banget..), terus Eklesia. Dan Cindy ini anak futsal =A= keren pake banget!

Itulah kesan gue selama di pelatihan OSP. Kan pas bikin video gue ngomongnya dikit tuh, nah ini dia uraian panjangnya!

Tadi, 4 Juni 2013, tes OSP baru aja diselenggarakan. Gue berharap gue bisa lolos ke tahap selanjutnya.. Tapi kalaupun nggak (semoga iya..) gue udah ketemu sama mereka-mereka yang seru abis. Terima kasih banyak ya atas semuanya :')



p.s. Sesampainya di sekolah ternyata gue disambut temen-temen sekelas. Makasih ya teman-teman gue terharu banget serius. :^)

No comments:

Post a Comment