Friday, August 22, 2014

Not a Nomophobia

Ketika selama ini gue denger temen gue cerita, "Eh, hape gue ilang." Gue cuman bisa, "Oh, ya ampun kok bisa?" tanpa berpikiran kalau hal sejenis bisa terjadi pada gue. Ketika nyokap gue bilang hati-hati handphone gue ilang di angkot, gue tetep optimis kalo no, that kind of disaster won't happen to me.

I was damn wrong.

Jadi (akhirnya), hape gue ilang hari Rabu minggu lalu. Ketika itu gue pertama kalinya naik M32 setelah setahun-dua tahun lebih ngga pernah naik 32 lagi. Lalu sekalinya naik, hape gue langsung raib. Syit.

Hal yang bikin nyesek adalah bahwa gue beli itu hape pake duit gue sendiri. Sakitnya tuh disiniiiiiiii.. Selain itu gue juga ngeri diomelin nanti di rumah, ngeri kalo gue gak bakal lagi punya Android, ngeri kalo gue gak bakal lagi punya hape dalam waktu dekat.

Tapi ternyata Tuhan masih baik sama gue :')) Kungkung gue mau menyumbang uang supaya gue bisa beli hape baru lagi, demikian juga dengan qiuqiu gue. Tapi sepertinya gue gak bisa beli hape selama beberapa hari ke depan karena masih hari sekolah. Jadi gue terpaksa menunggu beberapa hari tanpa handphone dan itu rasanya.. urgh. Mana parahnya gue lagi ada tugas kelompok yang belum selesai dan perlu banget didiskusikan dan sebagainya. Beruntungnya sih gue masih bisa pake LINE dari komputer, Path dan COC juga bisa diakses dari komputer. Masalahnya adalah, gue gak punya koneksi internet di rumah :') Sehingga walaupun sarana-nya sih ada, tapi gak bisa gue manfaatkan. Berasa tinggal di goa.

Eh ternyata nggak juga. Selama gue gak megang hape, ternyata ada saat-saat dimana gue jadi bisa melakukan hal-hal yang gue pikir gak akan sempat gue lakukan. Gue nonton beberapa film simpanan gue (beberapa ternyata bagus banget, favorit abis!) dan gue bahkan bisa namatin satu seasone anime. Banyak banget ternyata waktu luang yang sebenernya tersedia dan sayangnya aja jadi tersita karena gue terlalu banyak main hape. Di sisi lain, gue cukup lega karena gue belom masuk tahap dimana gue ketergantungan dengan gadget satu ini.

Gue juga merasa kalau kayaknya tiap orang perlu merasakan kehilangan sesuatu supaya bisa belajar menghargai sesuatu. Selama ini gue nganggep yaa hape ya udah hape aja, paling buat main game atau browsing aja. Gue gak pernah mengira kalau gak bisa berkomunikasi dengan temen-temen gue itu ternyata ganggu banget dan jauh lebih penting. Selain itu dengan merasakan keabstainan handphone, gue disadarkan kalau sebenarnya gue punya waktu yang bisa gue manfaatkan untuk melakukan sesuatu. Yang jadi persoalan cuma mau atau engga, gue menyediakan waktu tersebut.

No comments:

Post a Comment