Thursday, September 19, 2013

OSN Geografi part 1: Who The H*ck Are They!?

Tanpa bermaksud apa-apa, judul di atas cuma meniru salah satu rubrik di majalah Provoke kok :p (mentang-mentang temen sekelas gue Repro..)

===

Sebelumnya, biar nyambung coba deh baca post gue sesuai timeline, OSK, lalu OSPketika gue terpilih jadi tim OSNdan terakhir pas gue takut akan sibuk banget.

Secara berurutan, postingan gue itu merujuk pada tahapan dari awal banget gue ikut Pra OSK sampai OSN Geografi yang baru aja selesai gue lewatin tanggal 2-8 September 2013 kemarin di Bandung.

Gue sendiri aja kaget kalo misalnya ngebaca post gue dari awal, gila ternyata gue udah melangkah jauh banget.. Seremnya lagi adalah gue gak nyangka kalo gue bisa sampai di tahap ini. Bayangin aja, pertama kali gue menerima silabus OSN Geografi dan ngebaca materi yang akan diujikan sampai tingkat nasional ini, gue masa bodoh aja. Gue pikir dulu, yaelah males banget ada tes multimedia, gue juga gak bakalan nyampe sini.. Tapi kalo dilihat sekarang, meskipun masih gak percaya, tapi ternyata gue bahkan udah ngejalanin semua tes itu. Dari yang awalnya gak kebayang sama sekali akan seperti apa OSN yang ada soal essaynya, sekarang gue malah udah ngerasain semuanya.

Nah, melalui postingan kali ini yang gue ketik dengan nyolong-nyolong waktu, gue mau berbagi pengalaman gue ketika menjalani pelatihan OSN maupun saat mengikuti OSN tersebut. Enjoy!

Pelatihan OSN, 24-30 Agustus 2013.

Gue inget banget waktu itu hari Sabtu. Setelah packing gak niat yang baru gue lakukan pagi harinya sebelum berangkat ke sekolah, akhirnya sampailah juga gue di Hotel Grand Tropic yang gue lupa dimana.. Pokoknya ada di dekat Central Park. Gue pergi ke sana diantar oleh pihak sekolah dan sialnya gue sampai 2 jam lebih awal dibandingkan waktu check in yang dijanjikan. Lebih sial lagi adalah ketika ternyata jam check innya juga ngaret 2 jam. Seakan masih kurang, kamar bagi peserta OSN Geografi ternyata belum disiapkan dan gue terpaksa nunggu 1 jam lagi. Sehingga gue baru masuk ke kamar jam 4 sore. Kalau ditotal, ada kali 5 jam gue nunggu di hotel..

Banyak hal tak terduga yang ngeselin banget terjadi.. Tapi gausah diomongin disini kali ya, capek :& Gue sekamar dengan 5 cewek lainnya dari tim Geografi DKI Jakarta. Selain mereka juga ada 3 orang cowok, jadi totalnya ada 9 orang di bidang Geografi. Mereka adalah:

Penomorannya dari atas (ki-ka), tengah (ki-ka), bawah (ki-ka).




   1. Sandy Apriliansyah

       Gue udah kenal Sandy dari pelatihan OSK di Jakarta Timur. Dia ini dulu juara 1 nya OSK Jakarta Timur. Pengetahuan Sandy luas bangeet dan dia mantan anak kebumian. Sandy juga dengan senang hati mengajari gue yang bisa dibilang gak tau apa-apa :'D Kebetulan dia lagi pake baju foursquare di foto atas, dia emang seorang foursquare activist. Sandy pinter banget check in di venue yang pasti gak kepikiran. Misalnya gini, lo kepikiran gak mau check in di Kota Bandung kalo baru keluar Tol Pasteur? Yaa gitu aja contohnya. Hehe. Sandy juga seorang stalker sejati dengan rekor berhasil nge-stalk hampir sebagian besar dari 70 anak yang berhasil lolos OSP Geografi. Tapi karena rasa kuriositas yang (kelewat) besar ini, pengetahuan dia jadi luas banget.

    2. Annissa Erviena Haniev
       Sempet bikin gue bingung. Pas awal bertemu di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, gue udah bertekad untuk bersikap sopan dan manggil dia 'kak'. Tapi dia malah bilang, "Buset gue tua banget.." Jadi yaudah.. Semuanya gak ada yang gue panggil dengan embel-embel 'kak' lagi sejak saat itu.. Bisa dilihat di foto kalo Haniev lagi gak merem atau gimana, tapi sebetulnya Haniev ini sering banget merem atau nggak keliatan lagi high saat difoto.. Dia juga rajin banget nge-update pm di BBM mengingatkan berapa hari lagi OSNnya dan sebagainya. Rajin banget ngirim SMS tentang berita terbaru ketika dia punya BBM.. (dan untuk alasan yang sama SMSnya jarang gue bales, hemat pulsa!) Oke deh.. Ah, ngomong-ngomong soal hemat, Haniev sangat tidak earth friendly karena dia ngeprint soal iGeo sampe berbundel-bundel, gak bolak balik lagi

   3. Imega Reski
       Dia gak mau dipanggil Mega, jadi mari panggil dia Ime. Anak Jakarta Timur juga yang setelah 3 atau 4 hari di Bandung, tiba-tiba logat Sundanya jadi keliatan. Dia anak IPA dan merupakan mantan anak kebumian juga. Semua cewek di OSN Geo ini kayak pasang-pasangan gitu dehh, dan Ime deket sama Haniev.

   4. Angela Monalisa Kurniawan
       YAAMPUUNNNN INI KAN GUEEEE!!! .... *abaikan*

   5. Eklesia Mutiara
       KECHA! Gue senang Tuhan mempertemukan gue dengan dia.. Alasannya begini *ehem*. Selama ini tiap kali gue jalan-jalan pasti gue adalah satu-satunya orang yang mengkhawatirkan soal makanan dan bisa gak makan gara-gara gue gak suka sama makanannya. Tadinya gue gak tau kalo Kecha juga gak suka sama banyak makanan, tapi pas sekamar di Isola Resort di UPI dan kita sama-sama lesu pas buka kotak makanan, gue jadi tau.. Dia juga gak suka sama makanan-makanan aneh.... :'D *bahagia banget* Akhirnya hari-hari setelahnya kita isi dengan sama-sama berjuang menghabiskan makanan haha! Lucunya lagi baik gue maupun dia sama-sama punya temen yang mirip satu sama lain. Selain itu kita juga punya banyaakk kesamaan contohnya sama-sama suka minuman cokelat yang Delfi itu. Gue gak pernah ketemu orang yang pernah minum itu juga.. Gue juga gak pernah ketemu sama orang yang punya font yang sama dengan gue dan ternyata font dia sama jugaa! Bayangkan ketika selama ini lo berpikir font BB lo itu font terkeren sedunia dan lo nyari-nyari orang yang punya font yang sama, ternyata suatu hari lo ketemu dengan orang itu.. Kecha adalah anak SMAK 3 jadinya roknya sama kayak rok gue. Pas hari pertama gue nyaris aja dikira anak SMAK sama gurunya dan dikasih uang jajan gara-gara baju gue sama persis kayak baju dia! Hahaha. Ehmm, dia juga punya beberapa phobia aneh, ada 3 phobianya. Yang pertama Barney, yang kedua Hello Kitty, dan yang ketika si *pip*. Hebat sekali.. Ekle jago bangeet pake logat Malaysia btw! Dia juga pengen banget dipanggil cici tapi masalahnya udah kebiasaan gapake cici jadi maaf-maaf aja ya..
        
   6. Anindita Prima Dewi Putri
       "Udah Dewi, Putri lagi," kata Nindy. Dia ngomongnya sambil ketawa-ketawa kalem. Nindy juga anak kelas 11 IPA kayak gue dan ngeselinnya gue selalu dibanding-bandingkan dengan dia T_T Nindy orangnya alimmm banget dan di-bully pun dia cuma bisa ber-"apaan sih" lalu ketawa-ketawa kecil. Gue pengen punya adek kayak diaaaaa sayangnya gue lebih muda dari dia -_- Nindy kalo tidur selalu mangap dan kalo bosen dia nulis-nulis 'aninditaprima' yang banyaakkk banget di kertas. Kalo kata Febrio, "Alah Nindy mah diem-diem taunya bisa.. diam-diam menghanyutkan."

   7. Laura Sarah Gabriela
       Sering salah gue panggil jadi 'Laura', padahal sebenernya panggilan dia 'Gaby'. Dua kali gue ke Diknas, pasti selalu dia yang sampai pertama kali. Gaby seneng banget sama BTR dan kalo ngetweet bahasa Inggris pasti pake bahasa slang yang banyak banget, gue bingung bacanya -_- Oh, dia soulmate nya Nindy disini dan gayanya pun sama. Dari mulai behelan sampe cara pake bajunya. Gaby mungkin satu-satunya yang masih bolos seminggu pas balik ke Jakarta, susulannya makin berlipat deh.. Huehehehe.

   8. Noviandi Darmawan
      Jagoannya tim Geografi.. Dia sebenernya anak yang kelewat cool tapi setelah beberapa hari dia akhirnya bisa ketawa ngakak dan nyengir lebar banget yang sempet bikin syok. Noviandi juga suka ngomong sendiri dan biasanya itu adalah apa yang ada di pikiran dia. Lumayan bikin serem.. Eh, si Ekle takut sama dia katanya wkwk.

   9. Febrio Giring
      Tadinya gue pikir dia setipe sama Noviandi yang diem-diem aja tapi ternyata dia baik (Ovi juga baik..) dan gampang dikorek! Muehehehe. Dia kelewat tinggi jadinya pas awal-awal gue males jalan di samping dia. Merujuk pada first impression gue terhadap dia, tadinya gue pikir Febrio ini orangnya cool tapi ternyata.. status LINEnya.. gambar Instagramnya... Febrio is an otaku! Dia juga punya baju yang sama tapi cuman beda warna, dibagi boleh..

==

Nah, demikianlah 9 orang anggota OSN Geografi. Kini mari kita lanjut ke pelatihannya.

Selama 3 hari pertama, pelatihan berlangsung di Grand Tropic dan gue bahagia banget. Kamarnya lumayan enak meskipun dipaksa kasur untuk 2 orang jadi untuk bertiga. Breakfast-nya juga enak.. Selain itu channel TV nya juga luar biasa keren! Lengkap dan gambarnya jernih. Penggoda yang lengkap banget buat belajar. Disana acara kita kebanyakan jadi nonton TV dan makan wkwk tentunya juga belajarr, tapi gak gitu efektif sih menurut gue.

Karena letaknya yang berdekatan dengan Taman Anggrek, di hari pertama kita pergi ke XXI Taman Anggrek dengan harapan bisa nonton Percy Jackson. Tapi apa daya, ternyata tiketnya full semua, jadi acara nonton terpaksa batal deh. Di sore hari kedua setelah belajar kita jalan-jalan ke Penthouse yang cuma pintu dan berfoto-foto sedikit di kolam renangnya. Gak lupa juga ketika lagi nonton malemnya, kita nonton semacam kartun mermaid gitu di Disney yang ceritanya dia lagi nyanyi gitu deh. Liriknya cuma 'lalalalilala' dan itu cukup ngebuat kita semua jadi pada ngakak.

Di hari ketiga kita berkunjung ke BMKG Pondok Betung. Kondisinya berbeda banget dengan yang di Kemayoran tapi Taman Alat disini jauh lebih luas. Sore harinya tadinya kita berencana untuk nonton lagi tapi ternyata pada gak bisa. Akhirnya kita cuman nonton TV aja dan itupun udah seneng banget..

Di hari keempat pagi, kita semua berangkat ke Bandung. Ternyata kita menginap di asrama UPI yang namanya Isola Resort, dengan penamaan 'resort' yang amat sangat ambigu banget.. Di UPI pelatihannya lumayan efektif sih dengan adanya beberapa materi yang sama sekali baru bagi kita dan adanya diskusi di malam harinya. Disini kita dibantu oleh Kang Ricko (gini mungkin tulisannya) yang baik banget dan ternyata karena UPI mendidik guru, Kang Ricko ini merupakan salah satu calon guru Indonesia. Semoga jadi guru yang baik ya, Kang! Dia juga sempet bikin ngakak ketika tiba-tiba dia ngomong dengan anteng, "Saya memang orangnya pelupa.." lalu mendadak melakukan gerakan yang luar biasa cepat menggapai-gapai kantongnya cuman untuk nyari HP.. Agak dramatis. Eh iyaa, ada kejadian menyenangkan disini. Setelah berjuang makan Ampera mulu setiap hari sampe bosen banget, akhirnya kita minta dibeliin Hoka-Hoka Bento. Rasanya kotak makan hari itu adalah kotak makan yang paling kosong yang pernah gue buang selama di UPI. Bahkan Ekle yang gak demen wortel ternyata juga demen banget sama saladnya dan tepatnya cuma demen wortelnya Hokben. Parahnya ternyata harga 1 paket Hokben itu Rp 41.000 dan gue bahkan baru tau ada paket Hokben semahal itu.. Sabar aja ya, Pak Danu dan kawan-kawan..

Selama di UPI, Gaby dan Febrio punya mainan baru rupanya. Mereka sering nyusun kata-kata dari bungkus permen KISS gitu. Lumayan lucuuu tapi gue lupa ada fotonya atau ngga. Hmm ada sesuatu juga. Gue dan Ekle rada sangsi gitu kalo kita bisa lanjut ke babak setelahnya, suatu kali kita ikut ambil permen dan tebak apa yang kita berdua dapet.. "Perjalanan masih panjang," sama persis punya gue dan dia! Hari itu pula tiba-tiba Ime ngegambar ini di papan tulis, tapi akhirnya gue tambahin gambar Noviandi yang lagi nyengir di bawahnya karena dia memang telah berubah :')

illustration.

Di hari keenam, kita mengadakan ekskursi ke lapangan. Serunya disini adalah kita gak perlu ngedenger kuliah lagi, tapi ternyata ada 2 sesi kuliah yang diempetin di pagi hari.. Kalo untuk acara jalannya sih lumayan seru ya, belajar menggunakan kompas juga interpolasi peta. Ketika bagian interpolasi peta, kita nyari lokasi patahan Lembang di peta, dan kita melakukan ini di pinggir jalan. Coba deh, berapa kali dalam seumur hidup sebagai anak Jakarta, gue bisa duduk di atas rerumputan di pinggir jalan dan diterpa angin sepoi-sepoi, lalu nyoret-nyoret peta yang masih terlihat keren banget (karena belom pernah liat peta rupa bumi beneran)? Jadi ingat ketika beberapa hari lalu Kang Ricko mau nyoret peta, kita semua teriak histeris karena sayang petanya mau dicoret gitu aja.

Hari terakhir, sialnya lagi-lagi masih ada kuliah sebentar.. Terus pada akhirnya kita harus mengucapkan salam perpisahan ke Kang Ricko dan dosen-dosen UPI untuk kembali lagi ke Jakarta. Di hari terakhir ini gue inget banget ada satu kejadian yang kocak. Ketika gue, Ekle, Nindy, dan Gaby keluar dari lift di lantai 4, kita ngeliat Haniev lagi ngeliatin sesuatu di kaca jendela. Masalahnya, Haniev ngeliatinnya dari jarak 2-3 meter dan dia ngintip-ngintip liatnya. Ternyata... Haniev lagi ngeliatin kupu-kupu! Ini kejadian yang lucu banget karena ekspresi Haniev itu susah digambarkan deh pokoknya. Tapi emang sih kupu-kupunya agak serem. Gak seperti kupu-kupu biasa, yang ini bentuknya lebih besar gitu. Yang lebih kasian lagi adalah sebelah sayapnya rusak dan dia berjuang mati-matian untuk menempel di kaca jendela. Poor Babafy :(

Perjalanan ke Jakarta kebanyakan tidur sih gue.. Kita sempet ngelewatin PVJ dan agak nyesek gitu gak bisa mampir. Di Jakarta pemberhentiannya adalah di SMAN 54 Jakarta dan gue langsung dijemput. Waktu itu agak sedih sih, perpisahan gitu loh, tapi gue belom sampe yang gimana-gimana banget karena 3 hari kemudian akan ketemu lagi.

Kita bertemu lagi di postingan selanjutnya!

No comments:

Post a Comment